Rabu, 04 Oktober 2017

Proses Pemesanan Barang Secara Online

Nama : Rizki Fithriya
NPM  : 19214628
Kelas  : 4EA12

A.    PENDAHULUAN
                Globalisasi mengakibatkan berkembangnya segala aspek dalam kehidupan ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya penemuan alat teknologi yang dapat menunjang kebutuhan hidup manusia. Adanya globalisasi membuat berbagai perkembangan dan kemajuan yang pesat, terutama dalam dunia teknologi dan informasi saat ini. Hal ini dapat dilihat dengan semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses berbagai informasi dimanapun, kapan pun dan tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Selain memudahkan manusia dalam mengakses informasi, kemajuan teknologi informasi juga memberikan kemudahan dalam kegiatan jual beli. Dahulu jika kita ingin berbelanja kita harus pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan, namun dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi kegiatan berbelanja menjadi lebih mudah karena kita tidak perlu pergi ke pusat perbelanjaan. Dengan hanya bermodalkan smartphone dan akses internet kita bisa melakukan kegiatan berbelanja dengan membuka situs belanja online (E-Commerce). Dengan semakin diminatinya berbelanja online membuat semakin banyak situs belanja online bermunculan dengan menawarkan berbagai macam kebutuhan masyarakat.
          Dalam pembahasan kali ini saya akan menggunakan pengalaman belanja online dari salah satu blog (http://pinkclosetdaily.blogspot.co.id/2015/11/tentang-pengalaman-belanja-online.html). Saya membeli baju di situs belanja online Berrybenka. Berrybenka adalah situs online yang menyediakan kebutuhan fashion wanita dan pria. Baju yang dijual disini stylish dan harganya masih bersahabat untuk kantong mahasiswa. Terutama dengan SALE ditawarkan. Informasi tentang produk lengkap, mulai dari warna, ukuran, bahan, proses pemesanan yang mudah, dan yang paling saya suka adalah sistem pembayaran COD (Cash On Delivery). Waktu pengirimannya juga lumayan. Jadi saya beli senin, selasa dikonfirmasi oleh pihak Berrybenka, lalu saya mendapatkan email kalau barang pesanan saya sudah dikemas, hari rabunya barang diantar ke saya lalu saya bayar. Di hari di mana paket saya akan sampai saya sempat khawatir akankah produk yang pertama kali saya beli secara online ini sesuai harapan saya?. Dan akhirnya paket saya sampai, dan amazing, baju pesanan saya ternyata di kemas dengan elegan dalam kotak hitam yang diatasnya terdapat tulisan Berrybenka, ketika saya pegang paket ini agak berat padahal isinya cuma sehelai baju, pas saya goyang-goyangkan ada bunyinya, apa jangan-jangan paket saya salah?. Akhirnya saya buka paketnya dan ternyata didalamnya ada baju pesanan saya dan bonus lactacyd serta ucapan thankyou. Puas? Ya puas lah..

B.    TEORI
Ø  Unsur-unsur Komunikasi
Setiap orang disadari atau tidak pasti melakukan komunikasi. Keberhasilan setiap aspek kehidupan ditentukan oleh kecakapan berkomunikasi seseorang ataupun kelompoknya. Dibawah ini ada tujuh aspek yang menyebabkan komunikasi dapat terjadi, yaitu :
  1. Adanya Manusia/sumber/pengirim : orang yang memulai komunikasi
  2. Adanya Pesan : maksud yang ingin disampaikan
  3. Saluran/media : tempat penyaluran pesan
  4. Gangguan : hambatan yang dirasakan oleh sumber dan penerima pesan ketika komunikasi berlangsung
  5. Konteks : saat komunikasi berlangsung antara sumber dengan penerima
  6. Umpan Balik : tanggapan yang diberikan oleh penerima pesan
  7. Pengaruh : aksi dan reaksi, akibat yang terjadi setelah penerima menerima pesan

Ø  Proses Komunikasi
  1. Langkah pertama dalam proses komunikasi adalah penciptaan gagasan atau ide. Penciptaan ini dilakukan oleh seseorang sebagai alasan melakukan komunikasi.
  2. Langkah kedua adalah pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  3. Langkah ketiga adalah pengirim menyampaikan pesan. Pada proses ini akan dikenal media atau saluran apa yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan.
  4. Langkah keempat adalah penerima menerima pesan.
  5. Langkah kelima adalah penerima menerjemahkan pesan. Bagaimana kemampuan penerima menerjemahkan pesan yang diterima. Jika penerima tidak mampu menerjemahkan pesan maka komunikasi akan gagal.
  6. Langkah keenam adalah umpan balik dari penerima. Pengirim pesan membutuhkan umpan balik untuk mengetahui apakah pesan yang dikirimkan diterima sesuai yang diinginkan. Pengirim pesan akan mengetahui pesannya berhasil jika ada umpan balik dari penerima.

C.     ANALISIS
          Dalam kasus ini, saya akan menganalisis proses komunikasi dengan melibatkan unsur–unsur komunikasi. Dimana, proses pertama dalam proses komunikasi adalah  munculnya ide untuk membeli suatau produk, dalam kasus ini produk yang ingin dibeli adalah sebuah baju. Dan berdasarkan unsur-unsur komunikasi yang bertindak sebagai sumber atau pengirim pesan adalah saya. Proses komunikasi yang kedua yaitu mengubah ide menjadi suatu pesan dan proses yang ketiga yaitu pengirim menyampaikan pesan, dalam hal ini pengirim pesan mengirimkan pesan kepada situs belanja online Berrybenka. Pesan yang dikirimkan berupa pemesanan sebuah baju. Pada proses komunikasi yang kedua dan ketiga terdapat dua unsur-unsur komunikasi yaitu pesan, media. Dalam hal ini pesan yang dikirimkan oleh sumber atau pengirim pesan adalah pemesanan sebuah baju. Media atau saluran yang digunakan sebagai penyaluran pesan adalah situs belanja onlline Berrybenka. Pihak yang bertindak sebagai penerima pesan adalah Berrybenka karena merek baju yang dipesan berasal dari Berrybenka label. Proses komunikasi yang keempat adalah penerima menerima pesan dan proses yang kelima adalah penerima menerjemahkan pesan, dalam tahap ini dapat dilihat jika Berrybenka sebagai penerima pesan sudah menerima pesan dari si pengirim pesan dan Berrybenka dapat menerjemahkan pesan yang diterima dengan baik itu ditandai dengan adanya konfirmasi dari pihak Berrybenka. Proses komunikasi yang keenam adalah umpan balik dari penerima, dalam kasus ini pihak Berrybenka selaku penerima pesan memberikan umpan balik kepada pengirim pesan berupa email yang mengatakan kalau barang yang dipesan sudah dikemas dan keesokan harinya barang tesebut dikirim, setelah barang yang dipesan sampai maka saat itu juga barang dibayar karena sistem pembayaran yang dipilih saat memesan barang adalah COD (Cash On Delivery). Pada proses komunikasi yang keempat, kelima dan keenam terdapat unsur-unsur komunikasi yaitu konteks, umpan balik dan pengaruh. Konteksnya saat komunikasi berlangsung antara pengirim pesan dengan pihak Berrybenka. Umpan balik yang diberikan oleh Berrybenka setelah menerima pesan adalah mengkonfirmasi pemesanan barang. Pengaruh atau efek yang terjadi setelah Berrybenka menerima pesan adalah pihak Berrybenka mengirim email kepada si pemesan barang kalau barang yang dipesan sudah dikemas dan keesokkan harinya barang diantar ke si pemesan. Media atau saluran yang digunakan selain situs belanja online Berrybenka itu sendiri terdapat juga email yang digunakan untuk berkomunikasi antara pihak Berrybenka dengan si pemesan barang. Dalam kasus ini unsur komunikasi berupa gangguan tidak terjadi karena komunikasi antara pihak Berrybenka dengan si pemesan barang berjalan lancar dan si pemesan barang merasa puas. Sehingga dapat disimpulkan proses pemesanan barang secara online dalam kasus ini sukses.

Referensi
http://www.anneahira.com/proses-komunikasi.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar