Nama : Rizki
Fithriya
NPM : 19214628
Kelas : 4EA12
A.
PENDAHULUAN
Globalisasi
mengakibatkan berkembangnya segala aspek dalam kehidupan ini. Hal ini ditandai
dengan banyaknya penemuan alat teknologi yang dapat menunjang kebutuhan hidup
manusia. Adanya globalisasi membuat berbagai perkembangan dan kemajuan yang
pesat, terutama dalam dunia teknologi dan informasi saat ini. Hal ini dapat
dilihat dengan semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses berbagai informasi
dimanapun, kapan pun dan tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Selain
memudahkan manusia dalam mengakses informasi, kemajuan teknologi informasi juga
memberikan kemudahan dalam kegiatan jual beli. Dahulu jika kita ingin
berbelanja kita harus pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan, namun dengan
adanya kemajuan teknologi dan informasi kegiatan berbelanja menjadi lebih mudah
karena kita tidak perlu pergi ke pusat perbelanjaan. Dengan hanya bermodalkan
smartphone dan akses internet kita bisa melakukan kegiatan berbelanja dengan
membuka situs belanja online (E-Commerce). Dengan semakin diminatinya
berbelanja online membuat semakin banyak situs belanja online bermunculan
dengan menawarkan berbagai macam kebutuhan masyarakat.
Dalam
pembahasan kali ini saya akan menggunakan pengalaman belanja online dari salah
satu blog (http://pinkclosetdaily.blogspot.co.id/2015/11/tentang-pengalaman-belanja-online.html). Saya membeli baju di situs belanja
online Berrybenka. Berrybenka adalah situs online yang menyediakan kebutuhan
fashion wanita dan pria. Baju yang dijual disini stylish dan harganya masih
bersahabat untuk kantong mahasiswa. Terutama dengan SALE ditawarkan. Informasi
tentang produk lengkap, mulai dari warna, ukuran, bahan, proses pemesanan yang
mudah, dan yang paling saya suka adalah sistem pembayaran COD (Cash On
Delivery). Waktu pengirimannya juga lumayan. Jadi saya beli senin, selasa
dikonfirmasi oleh pihak Berrybenka, lalu saya mendapatkan email kalau barang
pesanan saya sudah dikemas, hari rabunya barang diantar ke saya lalu saya
bayar. Di hari di mana paket saya akan sampai saya sempat khawatir akankah
produk yang pertama kali saya beli secara online ini sesuai harapan saya?. Dan
akhirnya paket saya sampai, dan amazing, baju pesanan saya ternyata di kemas
dengan elegan dalam kotak hitam yang diatasnya terdapat tulisan Berrybenka,
ketika saya pegang paket ini agak berat padahal isinya cuma sehelai baju, pas
saya goyang-goyangkan ada bunyinya, apa jangan-jangan paket saya salah?.
Akhirnya saya buka paketnya dan ternyata didalamnya ada baju pesanan saya dan
bonus lactacyd serta ucapan thankyou. Puas? Ya puas lah..
B.
TEORI
Ø Unsur-unsur Komunikasi
Setiap
orang disadari atau tidak pasti melakukan komunikasi. Keberhasilan setiap aspek
kehidupan ditentukan oleh kecakapan berkomunikasi seseorang ataupun
kelompoknya. Dibawah ini ada tujuh aspek yang menyebabkan komunikasi dapat
terjadi, yaitu :
- Adanya Manusia/sumber/pengirim : orang yang memulai komunikasi
- Adanya Pesan : maksud yang ingin disampaikan
- Saluran/media : tempat penyaluran pesan
- Gangguan : hambatan yang dirasakan oleh sumber dan penerima pesan ketika komunikasi berlangsung
- Konteks : saat komunikasi berlangsung antara sumber dengan penerima
- Umpan Balik : tanggapan yang diberikan oleh penerima pesan
- Pengaruh : aksi dan reaksi, akibat yang terjadi setelah penerima menerima pesan
Ø Proses Komunikasi
- Langkah pertama dalam proses komunikasi adalah penciptaan gagasan atau ide. Penciptaan ini dilakukan oleh seseorang sebagai alasan melakukan komunikasi.
- Langkah kedua adalah pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
- Langkah ketiga adalah pengirim menyampaikan pesan. Pada proses ini akan dikenal media atau saluran apa yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan.
- Langkah keempat adalah penerima menerima pesan.
- Langkah kelima adalah penerima menerjemahkan pesan. Bagaimana kemampuan penerima menerjemahkan pesan yang diterima. Jika penerima tidak mampu menerjemahkan pesan maka komunikasi akan gagal.
- Langkah keenam adalah umpan balik dari penerima. Pengirim pesan membutuhkan umpan balik untuk mengetahui apakah pesan yang dikirimkan diterima sesuai yang diinginkan. Pengirim pesan akan mengetahui pesannya berhasil jika ada umpan balik dari penerima.
C.
ANALISIS
Dalam kasus
ini, saya akan menganalisis proses komunikasi dengan melibatkan unsur–unsur
komunikasi. Dimana, proses pertama dalam proses komunikasi adalah munculnya ide untuk membeli suatau produk,
dalam kasus ini produk yang ingin dibeli adalah sebuah baju. Dan berdasarkan
unsur-unsur komunikasi yang bertindak sebagai sumber atau pengirim pesan adalah
saya. Proses komunikasi yang kedua yaitu mengubah ide menjadi suatu pesan dan
proses yang ketiga yaitu pengirim menyampaikan pesan, dalam hal ini pengirim
pesan mengirimkan pesan kepada situs belanja online Berrybenka. Pesan yang
dikirimkan berupa pemesanan sebuah baju. Pada proses komunikasi yang kedua dan
ketiga terdapat dua unsur-unsur komunikasi yaitu pesan, media. Dalam hal ini pesan
yang dikirimkan oleh sumber atau pengirim pesan adalah pemesanan sebuah baju. Media
atau saluran yang digunakan sebagai penyaluran pesan adalah situs belanja
onlline Berrybenka. Pihak yang bertindak sebagai penerima pesan adalah Berrybenka
karena merek baju yang dipesan berasal dari Berrybenka label. Proses komunikasi
yang keempat adalah penerima menerima pesan dan proses yang kelima adalah
penerima menerjemahkan pesan, dalam tahap ini dapat dilihat jika Berrybenka
sebagai penerima pesan sudah menerima pesan dari si pengirim pesan dan
Berrybenka dapat menerjemahkan pesan yang diterima dengan baik itu ditandai
dengan adanya konfirmasi dari pihak Berrybenka. Proses komunikasi yang keenam
adalah umpan balik dari penerima, dalam kasus ini pihak Berrybenka selaku
penerima pesan memberikan umpan balik kepada pengirim pesan berupa email yang
mengatakan kalau barang yang dipesan sudah dikemas dan keesokan harinya barang
tesebut dikirim, setelah barang yang dipesan sampai maka saat itu juga barang
dibayar karena sistem pembayaran yang dipilih saat memesan barang adalah COD
(Cash On Delivery). Pada proses komunikasi yang keempat, kelima dan keenam
terdapat unsur-unsur komunikasi yaitu konteks, umpan balik dan pengaruh.
Konteksnya saat komunikasi berlangsung antara pengirim pesan dengan pihak Berrybenka.
Umpan balik yang diberikan oleh Berrybenka setelah menerima pesan adalah mengkonfirmasi
pemesanan barang. Pengaruh atau efek yang terjadi setelah Berrybenka menerima
pesan adalah pihak Berrybenka mengirim email kepada si pemesan barang kalau
barang yang dipesan sudah dikemas dan keesokkan harinya barang diantar ke si
pemesan. Media atau saluran yang digunakan selain situs belanja online
Berrybenka itu sendiri terdapat juga email yang digunakan untuk berkomunikasi
antara pihak Berrybenka dengan si pemesan barang. Dalam kasus ini unsur
komunikasi berupa gangguan tidak terjadi karena komunikasi antara pihak
Berrybenka dengan si pemesan barang berjalan lancar dan si pemesan barang
merasa puas. Sehingga dapat disimpulkan proses pemesanan barang secara online
dalam kasus ini sukses.
Referensi
http://www.anneahira.com/proses-komunikasi.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar