Nama : RIZKI FITHRIYA
NPM : 19214628
Kelas : 4EA12
Bedah Iklan “Uber Indonesia 2017”
A. Alasan Memilih Iklan Uber
· Karena Uber merupakan salah satu transportasi berbasis
aplikasi online yang populer di Indonesia.
· Iklan mengangkat tema hubungan keluarga.
· Iklannya sederhana namun relatable.
B. Isi / Materi Iklan
Hubungan
ayah dan anak kadang renggang, bukan? Apa lagi kalau sang anak mempunya ambisi
sendiri dan tidak sejalan dengan apa yang ayahnya mau. Iklan ini bercerita tentang
seorang ayah yang tiba di kota besar dengan maksud ingin menengok anaknya yang
minggat dari rumah karena berbeda ambisi, Uber (melalui “UberX” dan “UberMotor
Hop-On”) menjadi jembatan sang ayah untuk bertemu dengan anaknya dan melihat
anaknya melakukan cita-citanya menjadi seorang petinju.
C. Sudut Pandang Komunikasi Bisnis
· Sudut Pandang Pengusaha
Para pengusaha dapat memperkenalkan aplikasi Uber serta
keunggulan dan kemudahannya. Dapat menarik konsumen lebih banyak.
· Sudut Pandang Konsumen
Konsumen dapat mengetahui aplikasi Uber dengan baik. Tertarik
untuk mengunakan aplikasi Uber karena ingin membuktikan sendiri apakah
kemudahan aplikasi sesuai dengan yang ada di iklan.
D. Etika Bisnis
Menurut saya
iklan Uber sudah sesuai dengan etika periklanan. Iklan uber ini dapat
mengangkat permasalahan yang terjadi di dalam suatu keluarga dengan baik serta terdapat
pesan moril yang disampaikan pada iklan. Iklan Uber dikemas dengan sederhana,
mudah dipahami, tidak mempromosikan aplikasinya secara berlebihan, tidak
mengada-ada dan tidak menyerang pesaing sejenis dengan membandingkan atau
menyindir.
Iklan Uber Indonesia 2017 - Lebih dengan Uber (full Version)
Referensi:
https://medium.com/@fikrira/20-iklan-televisi-indonesia-terbaik-tahun-2017-versi-fikrira-752c9d8f33a6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar